3 Cara Atasi Sariawan yang Ampuh

  • Whatsapp
3-Cara-Atasi-Sariawan-yang-Ampuh
Foto dari Canva Pro

Sariawan disebabkan oleh gesekan benda keras pada mulut sehingga menimbulkan iritasi pada gusi atau bibir. Biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai dengan 10 hari. Namun terkadang penyakit satu ini membuat anda susah makan karena rasa perih yang ditimbulkan.  Bagi anda yang tidak tahan untuk merasakan nyeri, Anda dapat mencoba beberapa cara atasi sariawan berikut.

Lakukan Hal Berikut Maka Penyakit Mulut Satu Ini Akan Hilang

1. Sikat Gigi dengan Perlahan

Untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, anda bisa menggosok gigi secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut. Dengan tekstur bulu yang lembut maka tidak akan menyakiti bagian dalam mulut anda. Selain itu, sikat gigi tidak perlu terlalu kencang. Anda cukup menggosokan sikat gigi dari atas kebawah secara perlahan agar kotoran terangkat tanpa harus melukai mulut anda.

2. Gunakan Obat Sariawan

Anda dapat menemukan obat sariawan di apotek atau supermarket terdekat. Obat tersebut dapat berupa salep, cairan, tablet ataupun gel. Dengan memiliki kandungan antiseptik akan mampu untuk mengobati infeksi bakteri atau kuman yang berada di dalam mulut. Namun jika anda memiliki sariawan dengan jumlah yang cukup banyak, sebaiknya anda pergi ke dokter dan meminta resep. Sehingga anda tidak salah dalam menggunakan obat sariawan ini.

3. Konsumsi Vitamin B-12

Selain vitamin C, nutrisi satu ini sangat penting bagi tubuh. Fungsi dari vitamin B-12 adalah sebagai penunjang kinerja otak, memproduksi sel darah merah dan penunjang kinerja saraf. Kebutuhan vitamin B-12 rata-rata tiap orang dewasa adalah 2,48 mcg. Banyak penelitian yang mengatakan mengkonsumsi vitamin B-12 yang cukup dapat menjadi cara atasi sariawan yang ampuh.

Tiga cara tersebut merupakan hal yang dapat anda lakukan ketika sariawan. Untuk menjaga kesehatan mulut, anda juga perlu melakukan perawatan gigi dan gusi secara rutin. Seperti rajin menggosok gigi dan memakai obat kumur perawatan dianggap ampuh agar anda terhindar dari penyakit satu ini. Karena pada dasarnya sariwan timbul apabila terjadi penumpukan bakteri pada mulut. Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut sangatlah penting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *