4 Makanan Khas Papua dengan Rasa yang Unik dan Nikmat

  • Whatsapp
4 Makanan Khas Papua dengan Rasa yang Unik dan Nikmat
Foto dari flickr.com

Papua, sebuah pulau yang terletak diujung timur Indonesia ini tak hanya kaya akan keindahan alam namun juga kaya akan kuliner dengan rasa unik dan nikmat. Saat Anda berkunjung ke Papua pastikan Anda mencoba makanan khas Papua yang tidak bisa Anda temui di tempat lain.

Berikut Makanan yang Wajib Anda Coba

Berbicara soal Papua, kuliner yang dimiliki Papua ini terbilang ekstrem yang tentu saja akan membuat Anda penasaran ingin mencobanya. Tak hanya ekstrem, makanan dari Papua juga memiliki rasa yang unik yang belum banyak orang ketahui. Berikut makanan dari Papua yang wajib Anda coba.

1. Sate Ulat Sagu

Saat pertama kali melihat makanan ini mungkin akan membuat Anda merinding dan jijik. Namun, sate ulat sagu ini adalah makanan sehat yang bisa dikonsumsi karena bisa memberikan energi dengan kadar kolesterol yang rendah.

Ulat sagu yang biasa dijadikan makanan ini berasal dari batang pohon sagu yang sudah dipotong dan dibiarkan membusuk. Ulat sagu ini bisa dimasak terlebih dahulu seperti dibuat sate atau bisa juga dimakan hidup-hidup.

2. Papeda

Papeda adalah makanan yang berasal dari bahan sagu dan dibuat menjadi bubur. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit.

Papeda memiliki tekstur lengket yang mirip seperti lem dan memiliki rasa yang tawar. Namun, papeda adalah makanan yang sehat karena kaya akan serat dan rendah kolesterol.

3. Kue Lontar

Kue satu ini memiliki sejarah yang konon katanya dulu kedatangannya dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa lalu. Makanan ini cukup ringan dan bisa dijadikan cemilan.

Kue lontar memiliki bentuk seperti pie susu dengan rasa yang nikmat dan manis. Biasanya kue ini dibuat oleh orang-orang Papua pada saat hari raya agama seperti lebaran dan natal.

4. Sarang Semut

Sarang semut adalah makanan tradisional khas Papua yang memiliki bentuk mirip dengan sarang semut yang biasa ditemukan pada sela-sela bebatuan. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

Nah, beberapa makanan khas Papua tersebut memang jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari padahal rasanya tidak kalah dengan kuliner khas kota lainnya. Maka dari itu saat Anda mengunjungi Papua, pastikan Anda mencoba kuliner-kuliner khas Papua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *