5 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Anda

  • Whatsapp
5-Manfaat-Ikan-Teri-Untuk-Kesehatan-Anda
Foto dari Canva Pro

Di balik ukuran ikan teri yang kecil, ternyata ikan ini mengandung banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Ikan teri dapat dimasak dengan berbagai cara. Yang paling terkenal tentu saja adalah sambal teri.

Sambal dan teri merupakan perpaduan yang nikmat serta sehat. Selain meningkatkan nafsu makan, sambal yang terbuat dari cabai mengandung banyak vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan. Kapsaisin pada cabai dapat membantu membuka sumbatan pada hidung tersumbat karena lendir. Oleh karena itu, ketika Anda pilek, makan dengan tambahan sambal dapat melegakan pernapasan.

Rasa pedas pada cabai yang mengandung kapsaisin dapat membantu produksi hormon endorfin. Hormon ini dapat menekan rasa sakit dan membantu melepaskan stres. Itulah mengapa ketika makan sambal, Anda dapat merasa senang dan dapat ketagihan saat mengonsumsi sambal.

Manfaat Ikan Teri

Di samping manfaat sambal pada kesehatan, ikan teri juga sangat berguna untuk tubuh. Beberapa manfaat ikan teri antara lain:

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Meski berukuran kecil, ikan teri kaya akan omega-3, vitamin, dan juga mineral. Omega-3 merupakan asam lemak yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 merupakan salah satu lemak tak jenuh yang diperoleh dari beberapa jenis ikan dan juga beberapa jenis kacang-kacangan.

Asam lemak omega-3 memiliki peran untuk meningkatkan kolesterol baik yang dapat mengatur lemak jahat pada tubuh. Dengan demikian, omega-3 mencegah dan mengurangi penumpukan pada hati atau yang disimpan di bawah kulit.

2. Menjaga Berat Badan

Ikan teri kaya akan protein, tetapi rendah kalori. Karena hal ini, ikan teri bisa membantu Anda dalam menjaga berat badan. Kadar protein yang tinggi pada ikan teri dapat menekan hormon pemicu rasa lapar.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium pada ikan teri termasuk tinggi. Bersama dengan vitamin D, ikan teri juga memiliki kandungan lain untuk memperkuat tulang yaitu magnesium dan fosfor. Dengan mengonsumsi sambal teri, Anda dapat merasakan manfaat ikan teri dan juga memperoleh manfaat baik dari sambal.

Padukan sambal teri dengan lauk lain seperti sayuran, ikan, ayam, atau telur sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi yang seimbang. Kesehatan tulang sangat penting agar tulang tidak mudah keropos dan tetap kuat.

4. Baik untuk Kesehatan Otak

Omega-3 yang menjadi bagian dari ikan teri, selain baik untuk jantung juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak. Ikan teri termasuk salah satu jenis ikan laut yang memiliki nutrisi untuk mencegah efek buruk penuaan sel otak.

Bagi anak-anak omega-3 merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak mereka. nutrisi ini juga sangat baik untuk daya tahan tubuh anak-anak.

5. Kandungan Nutrisi Melimpah

Ikan teri mengandung berbagai nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Selain yang disebut di atas, ikan dengan ukuran kecil ini ternyata menyimpan nutrisi seperti folat, vitamin A, vitamin E, zinc, fosfor, magnesium, zat besi, dan kalium.

Dari kandungan nutrisi itu, ikan teri juga berguna untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin E dan vitamin A, mencegah anemia atau kekurangan darah karena mengandung zat besi, dan juga sangat berguna untuk perempuan yang sedang dalam program hamil karena mengandung asam folat. Folat atau vitamin B9 sangat penting untuk kesehatan kandungan dan pembentukan janin.

Anda bisa mendapat manfaat ikan teri dari sambal teri. Paduan sambal dan ikan teri yang sama-sama memiliki manfaat tentu tidak hanya menjadi lauk yang mengenyangkan, tetapi juga menyehatkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *