Ingin Tulang Belakang Sehat? Yuk Ikuti Tips Posisi Duduk yang Benar Di Sini

  • Whatsapp
Ingin-Tulang-Belakang-Sehat-Yuk-Ikuti-Tips-Posisi-Duduk-yang-Benar-Di-Sini
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Kesehatan tubuh seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya genetik, pola makan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Begitu pula mengenai bentuk tulang belakang anda juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan kebiasaan yang telah tertanam sejak kecil. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai mengubah kebiasaan duduk agar tulang belakang anda sehat. Yuk simak tips posisi duduk yang benar agar tulang belakang tidak mengalami kelainan di sini!

Tips Duduk yang Benar

1. Duduk dengan Tegak

Jika anda seorang karyawan kantor yang harus duduk dalam waktu yang lama di meja kerja, tentu menjadi sebuah kebiasaan yang buruk jika duduk anda tidak benar. Tips pertama agar duduk anda benar, yaitu duduklah dengan tegak, punggung lurus, dan baju ke belakang. Pantat anda harus menyentuh bagian belakang kursi. Posisi yang benar saat duduk memperlihatkan lengkung tulang belakang.

2. Tekuk Lutut pada Sudut yang Benar

Saat anda duduk di meja kerja, pastikan anda menekuk lutut dengan posisi lebih tinggi daripada pinggul. Duduk dengan posisi lutut lebih tinggi seperti ini membuat anda duduk dengan posisi yang proporsional. Selain itu, hindari untuk menyilangkan kaki pada saat duduk. Usahakan untuk meletakkan kaki pada palang kayu yang ada di bawah meja. Posisi kaki di palang kayu ini membuat anda berada pada posisi yang benar.

3. Letakkan Kursi Dekat Meja

Yang tidak kalah penting dalam memperhatikan duduk yang benar adalah meletakkan kursi dekat dengan meja kerja. Setelah anda mengikuti dua tips posisi duduk yang benar sebelumnya, pastikan pula kursi tidak terlalu jauh dengan meja. Hal tersebut bertujuan agar otot yang tidak bekerja terlalu banyak, sehingga menjadi lebih rileks. Jangan lupa juga untuk melakukan sedikit peregangan untuk lengan dan siku agar bahu juga rileks.

Memiliki posisi tulang punggung yang benar tidak serta merta tanpa pembiasaan yang benar. Selain karena faktor genetik, anda juga harus mulai membiasakan duduk yang benar. Dengan begitu, anda akan terhindar dari beberapa masalah tulang punggung seperti lordosis, scoliosis, dan lain sebagainya. Pastikan duduk tegak dengan punggung yang lurus, tekuk lutut dengan posisi lebih tinggi daripada pinggul, dan letakkan kursi dekat meja. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *