Kenapa Tikus Harus Dibasmi? Ini Alasannya

  • Whatsapp
Kenapa-Tikus-Harus-Dibasmi-Ini-Alasannya
Foto dari Canva Pro

Selain kecoa, tikus menjadi salah satu hewan yang sering berkeliaran dan mengacaukan rumah. Karena menimbulkan banyak masalah, tikus perlu dibasmi. Anda bisa membasminya dengan memasang perangkap tikus atau bisa juga menggunakan bahan alami yang tidak disukai tikus. Jika Anda termasuk orang yang takut berhadapan langsung dengan tikus, Anda bisa menyewa jasa pembasmi tikus Surabaya untuk membasmi tikus-tikus di rumah Anda.

Kenapa tikus perlu dibasmi? Alasan terkuat dari membasmi tikus karena kehadiran hewan pengerat ini sangat mengganggu. Jika rumah Anda ada tikus yang berkeliaran, tentunya Anda tahu betul betapa mengganggunya tikus-tikus tersebut. Selain itu, tikus juga bisa membawa penyakit berbahaya yang bisa ditularkan kepada manusia.

Tikus Menyebabkan Kerusakan Pada Rumah

Tikus bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada rumah Anda. Bukan hanya bangunan rumah secara umum, perabotan rumah Anda juga bisa rusak karena kehadiran tikus ini. Perlu Anda tahu, tikus memiliki gigi yang tajam. Ketajaman gigi tikus mampu memotong baja, alumunium, hingga beton. Jadi, kalau perabotan rumah Anda terbuat dari plastik, kaca, atau kayu, itu bukanlah hal berat bagi tikus untuk merusaknya.

Dengan giginya yang tajam, tikus suka sekali menggigit. Salah satu peralatan rumah tangga yang sering menjadi sasaran gigitannya adalah kabel. Maka jangan heran jika tiba-tiba kabel TV, kabel antena, atau kabel lainnya di rumah Anda gampang rusak padahal sudah disusun sedemikian rupa. Bisa jadi, itu adalah ulah tikus yang tidak Anda sadari kehadirannya.

Gigitan tikus pada kabel bisa menyebabkan kabel putus dan tidak bisa lagi digunakan. Kabel yang digigit oleh tikus akan terbuka dan tidak memiliki pelindung. Akibat terburuk dari hal ini adalah terjadinya hubungan arus pendek yang bisa menyebabkan kebakaran. Mengerikan, bukan?

Berawal dari gigitan tikus, berlanjut ke hubungan arus pendek yang menyebabkan rumah Anda terbakar. Inilah kenapa Anda perlu membasmi tikus-tikus yang hadir tanpa diundang di rumah Anda. Anda boleh menggunakan cara apapun untuk membasmi tikus-tikus ini, termasuk juga menggunakan jasa pembasmi tikus Surabaya.

Tikus Menimbulkan Berbagai Penyakit

Tidak hanya menimbulkan berbagai kerusakan di rumah Anda, tikus juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Penyakit berbahaya yang bisa dibawa oleh virus di antaranya adalah :

1. Hantavirus

Yang pertama adalah Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Penularannya melalui kontak langsung dengan urine, kotoran, dan air liur dari tikus yang terinfeksi oleh virus ini. Jika Anda tidak sengaja menghirup virus ini, Anda juga bisa tertular.

2. Murine Typhus

Yang kedua adalah Murine Typhus. Penularan penyakit ini melalui kutu tikus. Penyakit Murine Typhus ini lebih mudah menginfeksi tikus-tikus yang berada di lingkungan tropis dan lembab seperti Indonesia.

3. Leptospirosis

Yang ketiga adalah Leptospirosis. Anda tentu sudah familiar dengan penyakit ini. Ketika terjadi banjir, penyakit leptospirosis perlu diwaspadai karena air banjir bisa jadi telah terkontaminasi oleh urin tikus yang terinfeksi oleh bakteri leptospira. Penderita penyakit ini akan mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, hingga yang paling parah adalah gangguan pernapasan dan kematian pada beberapa kasus.

Dari pembahasan ini, Anda kini sudah tahu alasan tikus harus dibasmi dengan cara apapun. Selain bisa menyebabkan kerusakan pada rumah, kehadiran tikus juga bisa membawa penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Jika ada tikus di rumah Anda, Anda harus segera membasminya. Anda juga bisa menggunakan jasa pembasmi tikus Surabaya untuk hasil yang lebih maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *