Mengenal Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit Usus Buntu Bersama SehatQ

  • Whatsapp
Mengenal-Penyebab-Gejala-dan-Pengobatan-Penyakit-Usus-Buntu-Bersama-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan penyakit usus buntu. Ada banyak orang yang sudah mengalami penyakit ini. Tapi sebenarnya, apakah Anda tahu bagaimana penyakit usus buntu ini? Dikutip dari laman SehatQ.com, seseorang dikatakan mengalami penyakit usus buntu ketika terjadi peradangan akut atau kronis di bagian usus.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapapun, baik orang tua maupun anak kecil. Meskipun demikian, penyakit usus buntu paling banyak dialami oleh orang-orang dengan rentang usia 10 tahun hingga 30 tahun dan paling banyak dialami oleh pria.

Penyebab Usus Buntu

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit usus buntu? Masih banyak orang yang percaya bahwa usus buntu disebabkan oleh biji-bijian yang tersangkut di bagian usus buntu. Ini adalah informasi yang salah atau hoax alias mitos. Penyebab penyakit usus buntu sama sekali bukan itu.

Penyakit usus buntu disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi pada usus akibat adanya tinja, benda asing, batu usus buntu, cacing usus, parasit, atau bisa juga karena kanker. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh pembengkakan pada usus buntu akibat adanya infeksi.

1. Gejala Usus Buntu

Penyakit usus buntu cukup sulit dikenali tanpa bantuan ahli. Untuk memastikan penyakit usus buntu, dokter perlu melakukan berbagai pemeriksaan, seperti tes darah, tes urin, tes uji rektal, hingga melakukan CT Scan atau USG. Hal ini perlu dilakukan mengingat gejala penyakit usus buntu hampir mirip dengan gejala infeksi kandung kemih, penyakit radang usus kronis, gastritis, hingga masalah kantung empedu.

Secara umum, seseorang yang mengalami penyakit usus buntu akan merasakan sakit di perut bagian tengah hingga ke perut bagian kanan bawah. Pada awalnya, sakit perut yang Anda rasakan akan hilang timbul sampai akhirnya terjadi terus menerus. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah gejala-gejala yang muncul jika seseorang mengalami penyakit usus buntu yang dikutip dari laman kesehatan SehatQ.com :

  • Mual
  • Selera makan hilang
  • Diare
  • Demam
  • Sakit perut yang jika ditekan pada bagian tersebut, rasa sakitnya semakin parah

2. Pengobatan Usus Buntu

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda perlu mendapat pertolongan ahlinya dengan segera. Masalah usus buntu yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan usus yang membengkak menjadi pecah dan infeksi. Jika terjadi hal demikian, tentu akan lebih berbahaya.

Seseorang yang mengalami penyakit usus buntu akan mendapat perawatan dari dokter spesialis penyakit dalam. Jika sudah dipastikan bahwa penyakit yang diderita adalah usus buntu, dokter akan melakukan apendektomi. Apendektomi yaitu pembedahan untuk mengangkat usus buntu.

Untuk kasus yang lebih parah, sudah ada kantung berisi nanah atau abses yang ada di usus buntu. Jika demikian, dokter perlu melakukan dua jenis tindakan medis. Yang pertama, untuk mengatasi abses yang muncul. Tindakan yang kedua dilakukan untuk mengangkat usus buntu.

Demikian pembahasan mengenai penyakit usus buntu ini. Sekarang, Anda sudah tahu bahwa penyakit usus buntu bukan disebabkan oleh biji-bijian yang masuk ke bagian usus buntu, melainkan adanya infeksi atau pembengkakan di bagian usus. Jika Anda mengalami gejala serupa penyakit usus buntu, lebih baik Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan segera.

Terkait dengan konsultasi, sekarang Anda bisa melakukannya secara online maupun secara langsung tatap muka. Konsultasi dokter secara online bisa dilakukan melalui laman SehatQ.com. Anda pun bisa memanfaatkan laman kesehatan ini untuk konsultasi secara langsung, yaitu dengan fitur booking dokter. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk membuat janji temu dengan dokter.

Agar lebih mudah, Anda bisa memasang aplikasi SehatQ di ponsel pintar Anda sehingga Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *