Mengintip 3 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Mengintip-3-Bahaya-Begadang-Bagi-Kesehatan
Foto dari Canva Pro

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan anda. Hal ini akan berdampak pada kesehatan fisik maupun psikis. Kurang tidur juga dapat membuat anda menjadi tidak fokus mengerjakan aktifitas anda. Banyak ahli yang menganjurkan untuk memilki pola tidur mulai dari 7 hingga 8 jam. Sehingga anda dapat melakukan aktifityas dengan lebih baik di hari esok. Untuk mengetahui bahaya begadang bagi kesehatan, anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Banyak Kondisi Buruk Menanti Disebabkan Oleh Begadang

1. Kenaikan Berat Badan

Terdengar cukup asing bukan begadang dapat menaikan berat badan. Tetapi faktanya begadang akan membuat anda  sering merasa lapar, sehingga anda akan melahap berbagai makanan dari makanan ringan sampai makanan berat seperti mie instan. Beberapa peneliti menyimpulkan makan saat larut malam dapat merusak periode berpuasa dalam tubuh. Dengan begitu akan menghambat proses metabolisme tubuh dan penghancuran lemak.

2. Kadar Gula Darah Meningkat

Menurut penelitian begadang dapat meningkatkan kadar gula anda. Apabila kebiasaan begadang terus dilakukan dalam jagka panjang anda dapat terkena hiperglikemia atau penyakit yang disebabkan kadar gula darah yang tinggi. Penyakit ini dapat menimbulkan penyakit lain seperti kerusakan ginjal dan kardiovaskular. Anda perlu menjaga pola tidur dan menerapkan gaya hidup sehat, sehingga dapat terhindar dari bahaya begadang yang sangat menyeramkan.

3. Resiko Kematian

Sebuah studi mengatakan orang yang memiliki kebiasaan begadang akan memilki resiko kematian 10% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki pola tidur sehat. Hal ini disebabkan karena waktu yang seharusnya digunakan tubuh untuk mengeluarkan racun atau yang disebut detoksifikasi, justru digunakan untuk beraktifitas. Peneliti mengungkapkan bahwa kebiasaan buruk tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan ritme sirkadian.

Selain tiga resiko diatas masih banyak dampak begadang lainnya. Bagi anda yang memilki kebiasaan begadang ada baiknya untuk mengubah pola tidur,  agar anda terhindar dari resiko tersebut.  Dengan menjaga pola tidur yang benar akan menambah konsentrasi saat melakukan aktifitas keesokan harinya. Selain itu, waktu tidur yang normal akan membuat kesehatan tubuh anda menjadi lebih baik. Untuk itu anda pun perlu untuk lebih memperhatikan pola tidur anda setiap harinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *