Penderita Autisme Memiliki Konsentrasi Tinggi, Berikut Ulasannya

  • Whatsapp

Ada sebagian alasan yang melatarbelakangi penderita autisme umumnya brilian. Simak penjelasan berikut ini.

Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang percaya bahwa orang yang mengidap autisme umumnya pintar berhitung, menerapkan nalar, atau mewujudkan karya seni yang megah. Ucap saja Albert Einstein, Sir Isaac Newton, dan Mozart. Mereka merupakan tokoh-tokoh bersejarah yang diandalkan sebagai orang genius.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ketiganya mempunyai satu kesamaan, adalah mengidap autisme? Dari banyak model lain, masyarakat bahkan akibatnya membangun inti sari bahwa orang dengan autisme umumnya cerdas dan betul-betul bertalenta dalam suatu bidang tertentu.

Apa yang membedakan otak pengidap autisme dengan orang lain?

Autisme merupakan sebuah spektrum yang membuktikan beragam ragam gangguan pada perkembangan otak. Sebab cakupannya betul-betul luas, tiap orang yang mengidap autisme akan memperlihatkan gejala yang berbeda-beda pula.

Tetapi, pada kebanyakan kasus, gejala biasa yang dapat dilihat merupakan kesusahan berkomunikasi, berinteraksi secara sosial, mengucapkan emosionil dan perasaan, serta memahami situasi lingkungan sekitarnya. Lazimnya gejala autisme telah timbul semenjak kecil dan sampai dikala ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan autisme sepenuhnya.

Orang dengan autisme mengalami gangguan pada lobus frontal (komponen otak depan) dan posterior (komponen belakang otak). Harus kedua komponen otak ini berprofesi dengan serasi. Tetapi, pada otak orang dengan autisme, terdapat keadaan sulit koneksi pada komponen-komponen tertentu sehingga otak bahkan tidak dapat berprofesi secara sinkron.

Pola pikir orang dengan autisme

Sebab adanya keadaan sulit koneksi pada komponen-komponen dalam otak, orang dengan autisme tentu mempunyai sistem berdaya upaya dan mengolah isu yang unik. Energi ingat mereka lazimnya betul-betul bagus dan terang. Mereka dapat mengingat isu atau kejadian lampau dengan betul-betul terperinci. Tetapi, mereka kesusahan untuk mengaitkan ingatan hal yang demikian dengan emosionil tertentu seperti sedih, bahagia, atau naik pitam.

Emosionil, perasaan, perilaku, dan kepribadian dibatasi oleh lobus frontal otak. Jikalau komponen ini terganggu, tentu fungsinya juga akan berkurang. Orang dengan autisme bahkan akan kesusahan untuk memahami serta memegang emosionil, perasaan, perilaku, dan kepribadian dirinya sendiri serta orang lain.

Inilah yang menyebabkan sebagian orang dengan autisme sulit berinteraksi dan membangun hubungan yang kuat dengan orang lain. Mereka akan kesusahan mengistilahkan apakah ekspresi wajah yang Anda buat berarti Anda sedang bersuka cita atau kecewa. Mereka sendiri kadang kala tidak dapat mengucapkan apa yang mereka rasakan dan apa penyebabnya. Karenanya, orang dengan autisme dapat saja tiba-tiba merajuk sebab alasan tertentu. Mereka umumnya tak menyenangi perubahan dan hal-hal yang tidak dapat diprediksi.

Meskipun untuk urusan membaca pola, berhitung, dan menarik inti sari yang logis, mereka yang berada dalam spektrum autisme umumnya justru jauh lebih terampil dari orang-orang kebanyakan. Tidak sedikit si kecil-si kecil dengan autisme telah lancar membaca di umur 3 tahun. Mereka juga cakap mengabsorpsi banyak kosakata dan melaksanakan soal Matematika untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Berkat kesanggupan mereka memahami pola dengan bagus, orang dengan autisme cenderung pintar memainkan alat musik. Kecuali itu, memori visual yang tajam disertai dengan khayalan menghasilkan mereka yang mengidap autisme sebagai pekerja seni atau pelukis yang sanggup.

Mengapa penderita autisme umumnya cerdas?

Mungkin Anda bertanya-tanya, lalu apa yang menyebabkan orang dengan autisme umumnya cerdas dan pakar dalam bidang tertentu? Sejauh ini beragam studi masih dilakukan untuk mencari tahu apakah orang dengan autisme pasti menjadi seorang genius kalau dikasih peluang menampilkan potensi dirinya.

Para peneliti setuju bahwa sebagian unsur berikut menjadi alasan kenapa banyak orang dengan autisme mempunyai tingkat kecerdasan yang luar biasa.

1. Fokus yang betul-betul tinggi

Tidak seperti kebanyakan orang, mereka yang berada dalam spektrum autisme cakap menjaga konsentrasi dan fokus yang tinggi kepada satu hal tertentu. Tetapi, mereka memang kadang kesusahan membagi fokus untuk banyak hal sekalian.

Sebab besarnya perhatian yang dicurahkan dalam satu hal tertentu, orang dengan autisme umumnya kencang merajai materi baru yang dipelajarinya. Misalnya antara lain saat mereka dihadapkan dengan soal Matematika atau kode dalam sebuah program komputer.

2. Energi ingat yang tajam

Orang dengan autisme umumnya cerdas sebab mereka dapat dengan gampang mengingat hal-hal yang pernah ditemuinya. Dikala mereka memandang orang tua atau gurunya memainkan suatu alat musik, mereka akan merekam kejadian hal yang demikian dengan bagus dalam daya ingatnya.

Karenanya, saat tiba giliran mereka untuk mencoba sendiri alat musik hal yang demikian, mereka akan lantas memutar kembali ingatan saat Anda memainkan alat musik itu dan mengikutinya dengan pas. Itu juga halnya dengan rumus Matematika, Fisika, atau tata bahasa.

3. Memerhatikan rinci

Salah satu alasan mereka yang mengidap autisme mempunyai energi ingat yang tajam merupakan perhatian kepada rinci. Berdasarkan mereka, tidak ada rinci yang terlalu kecil untuk dilihat. Itulah kenapa saat orang dengan autisme dihadapkan dengan suatu keadaan sulit, mereka dapat dengan kencang mencari akar masalahnya dan menemukan solusi yang pas.

4. Lebih mengandalkan nalar ketimbang emosionil

Sebuah penelitian terkini yang dikerjakan oleh King’s College di Inggris menemukan bahwa orang yang berada dalam spektrum autisme cenderung lebih mengandalkan nalar ketimbang emosionil dikala mengambil keputusan.

Pada dikala-dikala tertentu, kesanggupan mengambil keputusan yang objektif memang betul-betul penting. Ketimbang mengandalkan rasa takut, amarah, atau rasa bersuka cita yang meluap-luap, orang dengan autisme lebih memilih untuk memastikan alasan-alasan yang logis dan objektif dalam membikin keputusan penting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *