Sudah Punya Canon DSLR? Saatnya Menyimak 6 Tips Jitu Menjadi Fotografer Profesional ini

  • Whatsapp
Sudah-Punya-Canon-DSLR-Saatnya-Menyimak-6-Tips-Jitu-Menjadi-Fotografer-Profesional-ini

Segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk ketika Anda ingin menjadi fotografer profesional. Seorang fotografer akan mendapatkan predikat profesional jika dapat menghasilkan gambar-gambar bagus, mulai dari pemandangan alam, makanan, olahraga, dan lain sebagainya. Menjadi seorang fotografer pro membutuhkan jam yang terbang tinggi, tidak dapat instan. Meskipun sudah memiliki Canon DSLR, namun jika Anda tidak giat berlatih juga tidak akan bisa menghasilkan jepretan yang memiliki value tinggi.

Kabar bahagianya, bidang fotografi adalah profesi yang tidak dipengaruhi oleh usia maupun gelar sarjana. Hal-hal yang dibutuhkan dalam dunia fotografi antara lain mata yang jeli, disiplin, dan hasil foto yang berkualitas.

Cara Menjadi Fotografer Profesional

Berbicara mengenai dunia fotografi, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, mulai dari Canon DSLR sebagai salah satu kamera yang sering dipilih, lighting, tripod, dan lain sebagainya. Meskipun menjadi fotografer profesional terbilang tidak mudah, berikut ini adalah ulasan bagi Anda untuk dalam mencapai posisi tersebut.

1. Mengembangkan Keterampilan Memotret

Barangkali banyak orang yang berpikir bahwa untuk menjadi seorang fotografer profesional harus belajar di sekolah fotografi, padahal tidak demikian. Bisa saja, Anda justru membuang-buang waktu dan biaya saja, apalagi jika tidak memiliki finansial yang bagus. Untuk memahami dunia fotografi, Anda dapat membaca buku atau pun bertanya kepada ahlinya, kemudian mempraktikkannya sendiri.

2. Menggunakan Peralatan yang Tepat

Anda sebaiknya memilih peralatan sesuai dengan jenis pemotretan yang akan dilakukan. Secara umum, fotografer perlu menyiapkan dua kamera dan lensa yang bervariasi guna mengantisipasi kondisi yang berbeda-beda. Selain itu, siapkan juga perangkat lunak yang akan Anda gunakan pasca pemotretan agar mendapatkan hasil jepretan berkualitas.

3. Membeli Peralatan dengan Hemat

Meskipun membeli peralatan berkualitas dapat membantu dalam memperoleh jepretan yang bagus, tetapi ketika Anda baru memulai karir dalam dunia fotografi, sebaiknya Anda tidak perlu menginvestasikan semua tabungan.

Masih ada banyak alternatif yang dapat dilakukan, misalnya meminjam atau menyewa peralatan, membeli peralatan bekas dengan kualitas bagus, maupun membeli peralatan dengan model lama setelah model baru keluar. Daripada membeli kamera bagus, lebih baik Anda membeli lensa yang lebih canggih karena dapat meningkatkan kualitas gambar.

4. Mengenali Kamera Sendiri

Tidak dapat dipungkiri jika kamera menjadi salah satu peralatan utama dalam menghasilkan gambar yang bagus. Oleh karena itu, sebelum membeli kamera, pelajarilah terlebih dahulu mengenai ciri maupun pengaturan kamera yang Anda pilih. Anda perlu belajar mengganti lensa tanpa melihatnya, karena jika meraba-raba peralatan, akan terlihat tidak pro dan mempengaruhi kualitas akhir foto.

5. Belajar Mengedit Foto

Setelah belajar memotret, Anda perlu mengetahui cara menggunakan perangkat lunak secara tepat guna memeriksa atau mengedit hasil jepretan. Beberapa perangkat lunak yang diandalkan dalam editing foto adalah Adobe Photoshop, Lightroom, dan lainnya dapat membantu Anda dalam menghasilkan gambar berkualitas.

6. Membuat Portofolio dengan Sempurna

Agar jasa Anda dilirik oleh banyak orang, tampilkan semua hasil jepretan dalam bentuk portofolio yang apik. Tampilkanlah foto-foto yang bervariasi sehingga menonjolkan keterampilan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menarik perhatian dan mendapatkan klien.

Itulah enam tips agar Anda dapat menjadi fotografer yang profesional. Selain berlatih dengan tekun, Anda juga perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, misalnya Canon DSLR sebagai salah satu kamera berkualitas yang biasanya menjadi kamera wajib para fotografer. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan hobi sekaligus mendapatkan bayaran jika ada yang meminta jasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *