Yuk, Tenangkan Pikiran dengan Mendengarkan Musik Ini

Yuk-Tenangkan-Pikiran-dengan-Mendengarkan-Musik-Ini
Foto dari Canva

Punya gitar akustik yang dibeli di toko alat musik terlengkap dan termurah MG? Yuk, coba mainkan dengan memilih beberapa jenis musik ini. Dijamin, ketika memainkannya akan membuat pikiranmu menjadi lebih tenang, damai, dan tenteram. Bahkan, kamu yang awalnya merasa stres dan cemas pun akan kembali rileks.

Untuk itu, yuk, coba mainkan dan dengarkan beberapa musik ini supaya pikiranmu semakin tenang, cekidot!

1. Musik Instrumental

Sesuai namanya, musik instrumental merupakan genre musik yang hanya menampilkan suara instrumen tanpa lirik. Meski tidak punya lirik, tapi genre musik satu ini dapat membantu menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat, loh. Bahkan, mendengarkan musik jenis ini juga dapat menghilangkan perasaan stres dan cemas yang dirasakan. Cocok sekali nih buat kamu yang suka cemas dan stres akibat masalah yang sepele.

2. Musik Klasik

Sama halnya dengan musik instrumental, musik klasik juga tidak memiliki lirik hanya alunan musik saja. Sekalipun hanya alunan musik, namun musik jenis ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan memberikan rasa tenang. Tak hanya itu, menurut teori “The Mozart Effect” yang dilansir dari laman kumparan rutin mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan aktivitas otak.

Adapun beberapa musik klasik yang enak didengar adalah sebagai berikut:

  • Antonio Vivaldi – The Four Seasons
  • Wolfgang Amadeus Mozart – Rondo Alla Turca
  • Pyotr Ilyich Tchaikovsky – Dance of the Sugar Plum Fairy
  • Frédéric Chopin – Nocturne Op. 9 No. 2
  • Johannes Brahms – Hungarian Dance No. 5
  • Ludwig van Beethoven – Für Elise
  • Johann Pachelbel – Canon and Gigue in D

3. Musik Game

Kamu suka main game? Pastinya sangat suka, bukan? Tahukah kamu, musik yang biasanya muncul di berbagai video game ternyata dapat membantu meningkatkan produktivitas dan membuat pikiran tenang, loh. Ini karena musik yang ada pada game-game tersebut sengaja dirancang agar pemainnya bisa lebih fokus saat bermain. Di samping itu, musiknya pun dibuat tanpa lirik, tanpa suara manusia, bahkan temponya sangat cepat sehingga ketika mendengarnya membuatmu menjadi lebih bersemangat, terutama ketika bermain tanpa terganggu dengan musiknya.

4. Musik Alam

Menurut sebuah riset dari Renssealer Polytechnic Institute yang dikutip dari laman kompas, mendengarkan musik dari alam dapat meningkatkan produktivitas serta membuat mood menjadi positif. Ini karena musik alam tersebut dapat meredam suara dari obrolan maupun suara lainnya. Beberapa contohnya seperti gemericik air, suara turunnya hujan, deburan ombak yang tenang, suara aliran sungai, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa genre musik yang bisa kamu dengarkan dan mainkan agar pikiranmu menjadi lebih tenang dan rileks. Yuk, coba dengarkan dikala suntuk!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *